Rabu, 24 September 2014

Sejarah & Manfaat Bunga Dandelion



Sejarah & Manfaat si Imut Bunga Dandelion
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh7kI9QYxJ9SPvkhaAbfVIFjzQ42ZaFrDGEokBMRapN_CGR29BwXvps5Hc6r_oTJSQv4iNTavaUmTZozFO5F1fY6Nq3IftXdMjbzv2RbIYqwfBaYhJzrcvAKCjNG_n4sUSruB_aJ_PMeQvm/s1200/dandelion_sun12.jpg


             Bunga Dandelion atau yang biasa dikenal dengan sebutan Bunga Randa Tapak masih termasuk dalam genus Taraxacum dari family Asteraceae. Bunga Dandelion sendiri berasal dari benua Eropa dan Asia. Bunga Dandelion dapat hidup disegala tempat, dimanapun angin yang membawa benih Dandelion berhenti, disitulah Dandelion akan tumbuh. Secara fisik, Dandelion tidak menarik. Mungkin karena bentuknya yang aneh dengan tangkai yang kelihatannya rapuh.



Dandelion adalah bunga liar yang bisa tumbuh di halaman rumah di padang rumput yg luas atau berbagai tempat. Walaupun tak seindah mawar dan seharum melati tapi Dandelion dengan tangkai kecilnya yang sederhana mampu memberikan banyak arti dalam kehidupan ini bisa memberikan kehidupan baru.

           Seiring waktu berjalan bunga Dandelion terus menumbuhkan bunga bunga kecil di tubuhnya kemudian bunga bunga kecil tersebut akan terbang tinggi di udara dan jauh dan tumbuh di tempat yang baru yang mereka singgahi kemudian ketika mengering Dandelion akan kembali menjadi bunga yang lebih besar lagi setahap demi setahap dan sifatnya abadi.

           Sosok Dandelion adalah kuat meskipun rapuh tapi memiliki misi yang luas dalam memberikan kehidupan baru di luar sana, mampu terbang tinggi menjelajah luas menantang angin sampai akhirnya mendarat di tempat yang baru kemudian menjadi jiwa yang baru.


Kebanyakan orang berpikir bahwa bunga dandelion adalah bunga yang hanya bermanfaat untuk  dekoratif atau hiasan. Ternyata bunga ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.
Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari bunga dandelion yang harus Anda ketahui.:


*      Meningkatkan kesehatan tulang
Dandelion kaya akan kalsium yang sangat bagus untuk kesehatan tulang. Nutrisi ini juga baik untuk memerangi keausan tulang yang disebabkan karena penuaan. 


*      Menjaga kesehatan pencernaan
Dandelion mampu meningkatkan nafsu makan dan kesehatan pencernaan seseorang. Sebab dandelion mampu mengurangi bakteri buruk yang ada  dalam sistem pencernaan seseorang.
 
*      Mengurangi risiko penyakit hati
Antioksidan serta vitamin C yang ada di dalam dandelion mampu mengusir racun yang ada di dalam hati Anda. Kandungan sehat ini mampu mengatur produksi empedu dan memaksimalkan kerja organ hati.
 
*      Melawan kanker
Daun bunga dandelion kaya akan fitonutrien yang membantu mencegah kanker dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.
 
*      Memperkuat imunitas
Dandelion adalah tanaman herbal yang cukup efektif dalam memerangi mikroba dan jamur berbahaya yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

*      Menurunkan tekanan darah
Dandelion memiliki sifat diuretik yang sangat berguna dalam menjaga tekanan darah. Kalium dan serat yang ada di dalam dandelion juga bermanfaat untuk hal ini.

*      Mengurangi jerawat
Teh dandelion mempunyai manfaat untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Racun ini salah satunya mampu menyebabkan jerawat. Sehingga mengonsumsi teh dandelion baik untuk mengurangi jerawat.
 
*      Membantu dalam penurunan berat badan
Karena dandelion memiliki sifat diuretik di dalamnya, maka dapat menyebabkan lebih banyak buang air kecil yang membantu dalam penurunan berat badan.

         

        Dandelion dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman sehat. Salah satu bentuknya yang paling umum adalah teh dandelion. Namun Anda juga harus berhati-hati, bahwa dandelion mampu menyebabkan alergi pada beberapa orang

Berikut adalah gambar – gambar dari bunga Dandeion


  
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar